Cantik dengan Sedekah oleh Indriya R. Dani & Muthia Esfand

buku cantik dengan sedekahJudul: Cantik dengan Sedekah
Penulis: Indriya R. Dani & Muthia Esfand
Penerbit: QultumMedia
ISBN : 979-017-118-8
Tebal: 124 hlm
Dimensi: 13 x 19 cm
Tahun terbit: 2010
Cetakan: Pertama, Agustus 2010
Genre: Agama Islam – Ibadah
Rating: 3/5

Jika mendengar kata sedekah, umumnya orang akan berpikir bahwa sedekah selalu berkaitan dengan materi, padahal sebenarnya makna sedekah tidaklah sesempit itu. Pemahaman seperti ini seringkali menghambat seseorang bersedekah, termasuk para muslimah. Mereka yang tidak berpenghasilan atau yang sehari-harinya hanya menerima jatah dari suami menjadi kurang antusias bersedekah karena merasa tidak memiliki materi yang memadai untuk disedekahkan. Bagi mereka yang sudah mapan dari segi finansial pun terkadang menjadi terlena dan menganggap sedekah hanya sebatas formalitas belaka. Lazim kita lihat betapa muslimah lebih royal membelanjakan hartanya untuk membeli pakaian bermerk, kosmetik yang mahal, dan asesoris-asesoris lainnya untuk mempercantik diri ketimbang untuk bersedekah. Padahal, menjadi cantik dari dalam diri (inner beauty) itu jauh lebih baik dibandingkan sekadar cantik luar saja.

Fenomena-fenomena seperti ini tentu sangat disayangkan terjadi pada diri seorang muslimah. Maka, buku yang ditulis oleh Indriya R. Dani dan Muthia Esfand ini sangatlah tepat hadir di tengah-tengah muslimah, sebab buku ini memaparkan banyak hal seputar sedekah seorang muslimah. Apa saja yang bisa disedekahkan oleh para muslimah? Bagaimana dampak sedekah bagi kecantikan seorang muslimah? Dan tahukah kita bahwa kecantikan seorang muslimah bisa datang dari dalam diri lewat hal-hal positif, seperti sedekah?

“Pada dasarnya, apa yang kita lakukan adalah hasil dari proses yang terjadi di alam pikiran kita. Semakin positif pikiran kita maka semakin positif pula hal-hal yang tercermin dalam perilaku kita. Perilaku yang positif tersebut akan mendatangkan ketenangan hati dan pikiran, rasa nyaman, dan percaya diri dalam menghadapi setiap rintangan dan cobaan. Ketika hati dan pikiran menjadi positif, fisik pun akan mengikuti.” (halaman 4)

Sedekah tidak akan membuat miskin pelakunya, tetapi justru akan membuatnya semakin bahagia karena bisa membantu meringankan beban orang lain. Orang yang gemar bersedekah akan semakin kaya ilmu, kaya akal, kaya hati, dan kaya harta karena limpahan nikmat yang bertambah dari Allah Ta’ala, sesuai dengan janji-Nya:

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. al-Baqoroh: 265)

Sedekah sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai macam cara dan bentuk, serta tidak melulu lewat materi berupa lembaran uang. Berbagi ilmu dan keterampilan yang kita miliki kepada orang lain adalah sedekah. Ikut menjaga dan melestarikan lingkungan juga termasuk sedekah. Hatta sekadar membantu seseorang menyeberang jalan sekalipun juga adalah sedekah. Lihat, betapa banyaknya peluang sedekah di sekitar kita.

Buku yang ringan dengan penataan yang cantik ini akan menjawab banyak hal tentang pertanyaan-pertanyaan muslimah seputar sedekah. Di dalamnya, akan kita temukan pula berbagai kisah para muslimah yang gemar bersedekah, juga yang memperoleh banyak kemudahan dan solusi atas problematika hidupnya karena bersedekah. Kita akan berkenalan dengan seorang muslimah, yang lewat sedekahnya, Allah mengangkat penyakit dari tubuhnya. Kita juga akan bertemu sosok muslimah yang kehilangan suaminya bertahun-tahun, lalu lewat bersedekahlah Allah mempertemukan mereka kembali.

Selain pemaparan tentang hal-hal yang membuat cantiknya seorang muslimah menjadi semakin bersinar karena sedekah, buku ini juga menyuguhkan bab khusus berisi doa-doa dan zikir harian bagi muslimah salihah yang dapat diamalkan dalam aktivitas sehari-hari. Dan sebagai bonus, buku ini juga dilengkapi dengan sebuah booklet kecil berisi tips cantik dan sehat ala Islam untuk para muslimah, agar setiap yang membaca buku ini bisa mendapatkan manfaat berlipat, yakni cantik lahir dan cantik batin.

Semoga kita menjadi muslimah-muslimah yang gemar bersedekah dan melakukan kebaikan demi kebaikan dengan tulus dan benar.

Sekilas tentang penulis

Indriya R. Dani sejak kecil telah memiliki minat yang cukup besar pada bidang seni dan kreatif. Penulis adalah pemilik SABA productions yang juga adalah salah satu personil group nasyid SaQina. Di dalam buku ini, ia berkolaborasi dengan seorang editor dan penulis lepas, sekaligus praktisi beladiri perempuan, Muthia Esfand. Keduanya telah menelurkan banyak sekali karya dalam bentuk buku maupun artikel-artikel lepas.

2 Responses to “Cantik dengan Sedekah oleh Indriya R. Dani & Muthia Esfand”

Read below or add a comment...

  1. perwita lesmana says:

    Buku yang menarik, pengen baca buku ini..

  2. Pengen beli dan baca bukunya…

Leave A Comment...

*